Bursa China melompat sampai 4%, karena apa?

0
71

Bursa China mencatat kenaikan terbesar dalam dua tahun, setelah pihak regulator menyatakan niatnya mendorong ekonomi dan membantu sektor swasta.

Shanghai Composite Index melompat 4,2% sampai akhir sesi pertama perdagangannya, Senin (22/10). Ini merupakan lompatan terbesar Indeks Shanghai sejak Maret 2016, dan melampaui kenaikan Jumat lalu yang sebesar 2,6%.

IHSG sesi pertama rehat dengan penurunan 1 poin
Sekadar mengingatkan, Indeks Shanghai pekan lalu melemah ke level terendah empat tahun terakhir, setelah melaporkan pertumbuhan ekonomi 6,5% year on year di akhir kuartal III-2018. Ini sekaligus menjadi level pertumbuhan terendah sejak krisis finansial tahun 2009.

Presiden Xi Jinping berjanji dengan teguh mendukung bisnis perusahaan non-BUMN, mengelola risiko pasar, serta berencana memangkas pajak pribadi. Pernyataan pemerintah ini mengikuti pertemuan pejabat top keuangan China di Jumat lalu yang berkoordinasi untuk menguatkan kembali pasar saham.

“Komentar dan kebijakan yang dirilis sejak Jumat dilihat sebagai dosis yang cukup untuk saat ini. Dan regulator tampaknya tak akan berhenti sampai sini karena ekonomi masih belum terlihat optimis,” kata Weining Chen, fund manager di Miyuan, Beijing seperti dikutip Bloomberg.

Sumber

Yuk Join ke Grup Telegram baru kami  :

Telegram SahamEdu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.