Keajaiban Compound Interest (Bunga Majemuk)

0
501

Halo bung kali ini saya akan membahas tentang keajaiban Compound Interest (Bunga Majemuk) yang sangat berguna bagi investasi yuk mari kita simak.

Albert Einstein dikreditkan sebagai orang yang mengatakan bahwa bunga majemuk (compound interest) adalah salah satu penemuan matematika terbesar dalam sejarah. Ia menyebut bunga majemuk (atau bunga berbunga, atau bunga bertingkat) sebagai keajaiban dunia nomor delapan.

Menerapkan bunga majemuk akan melipatgandakan penghasilan yang Anda terima pada tabungan dan investasi. Investor muda terutama akan mendapatkan keuntungan paling besar dari keajaiban bunga majemuk.

saya memberi beberapa contoh bagaimana aset investasi tumbuh ratusan hingga ribuan persen. Kenapa investasi bisa tumbuh demikian besar? Kali ini kita akan berdiskusi sebuah teori dasar investasi yang paling ajaib,  efek bunga majemuk (compound interest).

Bunga majemuk lebih dikenal dengan istilah Compounded Interest, bisa diartikan bunga berbunga. Ini adalah teori yang sangat penting untuk dipahami. Bila Anda bisa meminjamkan uang dengan imbalan bunga, kemudian hasil dan bunganya dipinjamkan lagi dengan cara yang sama, maka hasilnya adalah bunga majemuk (bunga berbunga).

Prinsip lain bunga majemuk yang penting dipahami adalah jika persentase bunga (interest) makin besar, maka percepatan efeknya akan makin besar dan cepat.

Efek bunga majemuk berlaku dalam hitungan keuangan multi tahun (majemuk). Bunga majemuk berlaku dalam segala kalkulasi keuangan seperti investasi penanaman modal, pemberi utang kepada pengutang, atau juga berlaku dalam inflasi dan penurunan uang multi tahun bertingkat.

 

Efek Bunga Majemuk, Rp1 juta dalam tiga dekade, dengan tiga kemungkinan perolehan 15%, 20%, dan 30% per tahun.

Rumus:

A = P (1 + r)^n

Bunga Sederhana Vs. Bunga Majemuk

Bunga majemuk (compound interest) berbeda dari bunga sederhana (simple interest).

Bunga sederhana mengacu pada bunga yang diperoleh dari pokok simpanan namun bunga ini tidak ditambahkan (tetap terpisah) dari pokok dana.

Dengan bunga sederhana uang tetap berkembang. Tingkat suku bunga yang berlaku secara teratur diterapkan kepala pokok setiap kuartal, tahun atau selama periode tertentu yang ditetapkan lembaga keuangan yang menangani uang Anda. Namun, karena sifat dari bunga majemuk, pokok simpanan akan berkembang lebih banyak dari bunga sederhana.

Faktor Positif dan Negatif Bunga Majemuk

Yang sering dilupakan orang, efek bunga majemuk selain berlaku positif, ia juga punya dampak dalam hasil investasi negatif. Efek bunga majemuk dalam arah positif sudah jelas. Contoh efek bunga majemuk dalam negatif adalah inflasi, atau juga bila investasi mengalami kerugian terus-menerus, hasilnya akan kena dampak bunga majemuk negatif. Jika inflasi semakin besar, efek bunga bertingkat dalam jangka panjang juga akan semakin besar.

Faktor Waktu

Jika Anda adalah lulusan perguruan tinggi berusia 22 tahun yang berinvestasi Rp. 1 juta per bulan di rekening yang mendapatkan bunga majemuk 15% setiap tahun, dana Anda akan menjadi Rp. 115.675.000 saat mencapai usia 28 tahun.

Jika setelah itu Anda tidak lagi berinvestasi sepeser pun, bunga majemuk akan membuat investasi Anda menjadi Rp. 20.373.200.000 atau lebih dari Rp 20 milyar pada usia 65 tahun.

Namun, jika Anda baru memulai berinvestasi uang yang sama (Rp. 115.675.000) pada usia 40 tahun, uang yang Anda peroleh pada usia 65 tahun hanya Rp 3.807.900.000 atau tidak sampai Rp 4 milyar.

Itu sebab, berinvestasi sedini mungkin akan semakin baik karena bisa memanfaatkan faktor waktu sebagai ‘kawan terbaik’ bunga majemuk.

Yuk Join ke Grup Telegram baru kami  :

Telegram SahamEdu

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.