5.Trend (Uptrend, Downtrend dan Sideways)

0
236

Uptrend

Uptrend adalah kecenderungan harga saham mengalami kenaikan dikarenakan permintaan yang lebih tinggi dari penawaran Demand > Supply.

gambar 1 Chart BRPT Uptrend

dari gambar 1 terlihat terjadi kenaikan bertahap yang membuat kenaikan lebih tinggi lagi dari kenaikan sebelumnya. Pola Resistance dan Support semakin lama semakin tinggi. Seperti pada garis trendline yang ada di gambar 1.

Downtrend

Downtrend adalah kebalikan dari Uptrend kecenderungan harga saham mengalami penurunan dikarenakan Permintaan lebih kecil dari penawaran Demand < Supply.

Gambar 2 Chart BRPT Downtrend

Dari gambar 2 terlihat terjadi penurunan bertahap yang membuat penurunan yang lebih dalam lagi dari penurunan sebelumnya. Pola resistance dan support semakin lama semakin rendah. seperti pada trendline gambar 2 .

Sideway

Sideway adalah kecenderungan harga bergerak tetap ,tidak naik dan tidak turun . Permintaan dan penawaran seimbang Demand = Supply.

Gambar 3 Chart GGRM Sideway

Dari gambar 3 terlihat harga terlihat naik dan turun di range harga 60000 – 68470 dengan support dan ressistence trendline seperti di gambar 3 yang menandakan harga belum mampu keluar dari kondisi sideways.

Istilah Bullish dan bearish trend

Bullish diambil dari kata Bull yang adalah banteng. Saat pasar sedang mengalami kenaikan, berarti banteng (Bull) sedang memainkan peranan. Saat banteng sedang bermain dan memegang kendali, saat itu disebut dengan Bullish market.

Bearish diambil dari kata Bear yang adalah beruang. saat pasar sedang mengalami penurunan , berarti beruang (Bear) sedang memainkan peranan. saat beruang sedang bermain dan memegang kendali, saat itu disebut bearish market.

Bullish selalu dilambangkan dengan banteng dan bearish dilambangkan dengan beruang. beberapa sumber menyebutkan bahwa kenapa banteng karena banteng menanduk keatas sedangkan beruang mencakar kebawah sehingga akan representatif dengan kondisi perkelahian hewan. jika banteng menang maka pasar akan keatas, jika beruang menang maka pasar akan turun. serta beberapa penjelasan mengenai kenapa perumpaan ini yang berbeda. Dan yang pastinya istilah dan lambang ini sudah menjadi istilah dalam pasar saham dan pasar lain seperti pasar komoditas dan pasar uang.

Yuk Join ke Grup Telegram baru kami  :

Telegram SahamEdu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.