15 FAKTA WARREN BUFFET, INVESTOR TERKAYA DI DUNIA

0
333

Kepala Eksekutif Berkshire Hathaway Inc, Warren Buffett, adalah orang terkaya nomor empat di dunia tahun 2014 versi majalah Forbes. Memiliki kekayaan US$ 58,2 miliar (sekitar Rp 670 triliun), miliuner asal Omaha yang lahir pada 30 Agustus 1930 ini justru dikenal dengan kesederhanaannya. Dikutip dari situs web Ceoworld.biz, inilah beberapa fakta menarik dan sulit dipercaya dalam hidup Warren yang bisa menjadi pelajaran bagi para pengusaha di Indonesia:

  1. Warren Buffett yang dijuluki  sebagai “Oracle of Omaha” membeli saham pertamanya saat berusia 11 tahun.
  2. Pada usia 14 tahun, dia membeli kebun pertanian seluas 40 acreatau 16 hektare dengan menggunakan uang hasil kerjanya mengantar surat kabar.
  3. Meskipun pengetahuannya tentang saham dan pengelolaan uang sangat baik, ia ditolak masuk  Harvard Business School pada usia 19 tahun.
  4. Walau usia 11 tahun sudah tergolong sangat dini bagi orang untuk mengenal saham, Buffet sebenarnya berharap dapat membeli saham sebelum berumur 11 tahun.
  5. Buffett mengisi SPT perdananya pada usia 13 tahun untuk mengklaim deduksi (pengurangan  biaya dari pendapatan) sepedanya seharga US$ 35 yang digunakan untuk mengantar koran.
  6. Buffett tidak membeli banyak perusahaan. Namun, ketika membeli, dia berusaha memiliki dan memegang saham tersebut selamanya. Contohnya adalah Johnson and Johnson, Kraft, Wells Fargo, dan Coca Cola. Pernyataan Buffet  yang terkenal adalah: “Saya tidak  mencari uang di pasar saham. Saya membeli saham dengan asumsi besoknya pasar tutup, dan baru buka lagi sepuluh tahun kemudian.”
  7. Lebih dari 80 persen sahamnya akan disumbangkan ke Bill & Mellinda Foundation. Sisanya  dibagikan kepada ketiga anaknya, yaitu Susan, Howard, dan Peter.
  8. Buffet memperkerjakan seorang lelaki bernama Ted Weschler, managing partnerdi Hedge Fund Peninsula Capital Advisors, dengan bayaran jutaan dolar AS hanya untuk menemaninya makan siang.
  9. Buffett mengendarai sendiri mobilnya, tanpa sopir dan tanpa pengawal pribadi.
  10. Ia tinggal di rumah yang  sudah dia tempati sejak 1958 di Omaha, Nebraska. Rumah itu tidak memiliki pagar.

11.Buffet terobsesi pada permainan bridge. Dia bermain bridge secara online paling tidak empat kali dalam sepekan dengan nama samaran  “T-Bone”.

  1. Ia tidak bersosialisasi dengan masyarakat kelas atas. Buffett lebih senang tinggal di rumah,  menonton televisi sambil memakan popcorn.
  2. Dia tidak membawa telepon seluler dan tidak memiliki komputer.
  3. Investasi terbaiknya bukanlah saham atau bisnisnya, melainkan buku Benjamin Graham berjudul The Intelligent Investoryang dia beli  pada 1949. Buffet menyatakan buku tersebut telah mengubah hidupnya secara dramatis.
  4. Buffett jarang bepergian dengan pesawat jet pribadi, meskipun dia memiliki sebuah perusahaan jet terbesar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.