Bagaimana Prospek Saham Batubara 2017?

0
306

Prospek dan pergerakan saham tambang khususnya batu bara  tahun 2017 diprediksi akan melejit , didorong oleh kinerja keuangan atau fundamental yang membaik seiring dengan harga komoditas khususnya batubara yang mulai pulih . Permintaan yang kuat di China dan negara maju juga mendongkrak harga mineral tambang. Salah satu yang signifikan adalah batu bara, yang seolah bangkit dari tren penurunan sepanjang 2013 hingga jelang akhir 2016, yang melempem di level 50-an dolar per ton. Akhir 2016, harga batu bara bahkan naik ke level 100 dolar per ton, sampai saat ini  2017 stabil di 70-90 dolar AS per ton.

data Bursa Efek Indonesia (BEI), sepanjang 2016, saham emiten pertambangan mendominasi top gainers kelompok saham paling likuid, indeks LQ45. Saham PT adaro Energi Tbk(ADRO) yang merupakan salah satu big caps di sektor batubara memimpin top gainers LQ45 dengan kenaikan harga 230%.saham lain seperti BUMI,DOID,INDY,PTBA,HRUM dan KKGI juga berhasil mencatatkan kenaikan saham yang sangat tajam .

Gambar 1 Teknikal chart index mining

Dari segi teknikal kita dapat melihat terjadi kenaikan yang sangat signifikan dari tanggal 19/02/2016 sampai 07/09/2017 dari 825 sampai ke tertingginya 1590. Semua Moving average menunjukkan terjadi untrend yang sangat kuat dengan volume yang cukup besar .hal ini tentunya ditopang oleh saham khususnya batu bara yang melonjak sangat signifikan   ADRO, BUMI, DOID, INDY, PTBA, HRUM, PTRO dan KKGI.

Jadi bagaimana prospek Saham batubara tahun 2017 ? tentunya saya akan bilang sangat baik dan sangat cerah dengan analisa yang telah saya jabarkan saya sangat yakin saham batubara akan terus menunjukkan kemilaunya.

Yuk Join ke Grup Telegram baru kami  :

Telegram SahamEdu

Yang ingin buka Account saham Sinarmas Sekuritas:

Pembukaan Account Saham Sinarmas Sekuritas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.