5 Hal Penting Tentang Right Issue Di Pasar Modal

0
2018

Seorang investor atau pemegang saham merupakan pemilik perusahaan, jadi investor bisa mempunyai beberapa hak tertentu dan salah satunya adalah Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) dalam aksi korporasi right issue. HMETD dalam pasar modal ini merupakan hak yang diperoleh pemilik saham untuk membeli saham baru pada periode dan harga yang sudah ditentukan oleh perusahaan.
1. Alasan Perusahaan Melakukan Right Issue
Pada dasarnya, alasan perusahaan melakukan right issue adalah untuk mengumpulkan dana sebagai tambahan modal lagi. Biasanya perusahaan yang right issue masih dalam tahapan pertumbuhan tinggi dan dana segar yang terhimpun akan digunakan untuk ekspansi usaha, membayar pinjaman, atau untuk modal kerja. Jika right issue dilaksanakan untuk keperluan ekspansi usaha, maka aksi korporasi perusahaan bisa dipandang positif.
Beberapa perusahaan melakukan right issue dengan tujuan untuk menambah porsi kepemilikan pemegang saham atau meningkatkan jumlah saham beredar agar nantinya saham menjadi lebih likuid. Selain itu, perusahaan bisa juga right issue agar kapitalisasi pasar perusahaan menjadi lebih besar. Right issue ini sebenarnya hampir mirip dengan stocksplit, tapi bedanya kalau right issue bisa menambah dana dari investor sekaligus dapat menaikkan kapitalisasi pasar perusahaan.

2. Manfaat Right Issue
Mengingat tujuan suatu perusahaan melakukan aksi right issue adalah untuk mengumpulkan dana tambahan, maka manfaat dari right issue bagi perusahaan adalah perusahaan bisa menggunakan dana tersebut sebagai sumber modal usaha baru selain pinjaman dari bank. Hal ini bisa saja terjadi ketika terjadi pelemahan ekonomi dan membuat perusahaan sulit meminjam dana dari bank.
Sementara itu, manfaat right issue bagi investor pemegang saham perusahaan tersebut adalah harga pelaksanaan saham baru right issue yang ditawarkan biasanya di-diskon karena berada di bawah harga pasar. Selisih harga eksekusi dan harga saham di pasar terkadang cukup signifikan dan bergantung pada seberapa besar suatu perusahaan itu ingin mendorong minat investor untuk berpartisipasi dalam aksi korporasinya.
3. Sisi Negatif Right Issue
Aksi korporasi right issue perusahaan umumnya tidak disukai oleh investor karena akan memberikan dampak negatif pada kepemilikan saham investor. Hal ini terjadi karena right issue akan menimbulkan saham emiten mengalami dilusi. Dilusi saham adalah penurunan komposisi kepemilikan saham investor akibat dari adanya penambahan saham baru.
Penerbitan saham baru ini akan merugikan investor saham jika investor ini tidak berbuat apa-apa karena persentase kepemilikan sahamnya otomatis berkurang. Akan tetapi, dampak negatif ini bisa diatasi dengan melaksanakan HMETD, yakni melakukan pembelian saham baru yang ditawarkan oleh emiten. Sedangkan apabila tidak memiliki dana untuk melakukan transaksi pembelian saham tersebut, pemegang saham dapat menjual HMETD saham baru kepada investor lain yang berminat. Hasil penjualan HMETD ini kemungkinan dapat dimanfaatkan untuk menutupi kerugian dari efek dilusi harga saham.

4. Hal-hal Yang Harus Dilakukan Sebelum HMETD
Ketika perusahaan memutuskan untuk melakukan right issue, jumlah saham perusahaan tersebut akan bertambah. Apabila jumlah saham perusahaan yang melakukan right issue bertambah dan dana yang masuk ke perusahaan sama dengan pasar saham, maka tidak terjadi dilusi sehingga aksi perusahaan untuk right issue ini tidak merugikan bagi pemegang saham. Apabila Anda masih bingung untuk memutuskan apakah akan menggunakan HMETD, sebaiknya perlu melakukan beberapa hal berikut.

• Melakukan Valuasi Harga Pelaksanaan (Eksekusi)
Pertama, Anda harus menimbang harga pelaksanaan yang ditawarkan perusahaan apakan wajar atau mahal. Untuk mengetahui apakah harga eksekusi ini wajar atau tidak, sebaiknya lakukan valuasi harga saham tersebut. Perlu diperhatikan bahwa harga saham pelaksanaan yang bagus dan ideal adalah bukan harga saham yang murah, hanya karena harga saham itu berada di bawah harga pasar. Oleh karena itu, lakukanlah valuasi harga dengan menghitung jumlah total kapitalisasi pasar saham emiten tersebut dan menimbang rasio PER serta kinerja perusahaan.

• Perhatikan Kemungkinan Terjadinya Efek Dilusi
Aspek kedua yang harus dipertimbangkan investor saham sebelum melaksanakan HMETD adalah efek dilusi yang kemungkinan terjadi. Maka dari itu, sebaiknya Anda amati perbedaan jumlah saham baru yang diterbitkan dengan jumlah saham lama. Ketika suatu emiten melakukan right issue dengan jumlah saham yang tidak jauh melebihi jumlah saham lama, maka aksi korporasi emiten ini dapat dikategorikan wajar.
Sebagai contoh, emiten A mempunyai saham di pasar sebanyak 2 miliar. Apabila emiten A ini melakukan right issue saham baru tidak melebihi 2 miliar tersebut, maka hal ini masih dianggap wajar. Sebaliknya, jika emiten A ini melakukan right issue sebesar 4 atau bahkan bisa 5 miliar saham, sebaiknya tidak diambil karena efek dilusi yang terjadi bisa melebihi 50 persen.

• Cari Tahu Tentang Calon Pembeli Saham Dan Kebijakan Right Issue
Langkah selanjutnya yang perlu diambil sebelum HMETD adalah menyelidiki siapa saja calon pembeli saham baru. Ini harus dilakukan untuk menghindari ketidakjelasan calon pembeli siaga dan potensi tidak adanya calon pembeli, sehingga saham baru itu langsung begitu saja dijual ke publik. Hal tersebut bisa sangat berdampak negatif terhadap harga saham di pasar.
Di samping itu, cari tahu juga tentang kebijakan right issue, apakah aksi korporasi ini dilaksanakan menggunakan HMETD atau tidak. Jika perusahaan tidak menawarkan HMETD kepada investor, hal ini akan memunculkan spekulasi bahwa dana hasil right issue akan dimanfaatkan emiten tidak untuk ekspansi usaha, melainkan untuk membayar utang perusahaan.

Even when you’re not a

The kind of font can make a

You want to employ someone who

There

But if you want an affordable company, you may want to have a look at

In case you’ve got a whole lot of the identical design or pattern, it’ll be difficult to

However there are also some professionals who enjoy making these works of art too and it is likely to

Make it private, and it will be easier for

There are a number of

It includes the different information which you would like to write

The article has the necessary attributes to become a great essay and for that reason the author has to have the

It usually means they are fortunate enough to write an article without having to spend a

The reason why so many are not able to produce a thriving research paper is because research paper writers are just trying to create

As you

If the outline is not done properly, then it will make it

The overall terms do not need a definition and this helps the students to understand what the

Next, you may send the document to the faculty

Essay writing

Papers are

There are so many diverse forms

You may throw in a couple of random ideas here and there, but you

Folks will be elements of a business case judging them how they compose.

have to make certain they are logically attached together.

of writing and one has to understand which one will suit the requirements.

very different to some scholarly essay in that it has less text and the style is much more direct.

services frequently have a timeline or chronology in place to assist the student produce a list of supporting information to support the subject of the essaywriting.

for your preferred level.

research subject is about.

far more difficult to comprehend what the essay should say.

are composing your article, think about all of the various points that you need to pay for.

the very best paper possible, and let us face it, no one likes doing so.

single cent.

enthusiasm for the topic.

about on your research paper.

professors which will not be pleased with the responses that you give, and there are some professors which will be quite happy with your replies.

you to compose it.

see them online too.

find the ideal size.

companies that offer to help you with the search on your dissertation.

are many internet essay sites which offer tips and methods for writing essays.

can turn your paper into a wonderful item.

enormous difference in regards to your project.

native English speaker, then there are several locations that will allow you to submit an article available, even if you do not talk their language.

5. Mekanisme Right Issue Emiten
Mekanisme pelaksanaan right issue suatu emiten biasanya diawali dengan pengumuman perusahaan terkait hal-hal penting berikut:
• Rencana Penggunaan Dana
Pengumuman dalam hal ini sangat penting untuk disebarkan ke investor saham agar investor mengetahui tujuan right issue emiten. Para pemegang saham perlu waspada apabila rencana penggunaan dana right issue adalah untuk melunasi utang. Biasanya perusahaan tersebut sedang mengalami kesulitan dalam melakukan pelunasan utang-utangnya dan tidak dapat meminjam uang dari lembaga keuangan. Kondisi ini berpotensi menyebabkan harga saham turun. Sebaliknya, jika perusahaan akan memanfaatkan dana hasil right issue untuk ekspansi usaha maka langkah emiten right issue kemungkinan besar akan memberikan manfaat bagi pemegang saham, baik dalam bentuk pemberian dividen atau harga sahamnya.

• Informasi Terkait Rasio HMETD
Informasi ini sangat bermanfaat bagi pemegang saham untuk mengetahui rasio jumlah saham lama dan jumlah saham baru. Kedua data ini selanjutnya juga digunakan dalam perhitungan harga teoritis dari harga saham eksekusi HMETD ini. Dengan mengetahui harga teoritis, para pemegang saham dapat melakukan kalkulasi terhadap capital gain pembelian saham baru.
Setelah pengumuman dari emiten terkait, pemegang saham dapat mengambil haknya dan membeli sahamnya. Di sisi lain, pemegang saham juga dapat mengabaikan penawaran tersebut dan memilih untuk tidak mengeksekusinya. Namun, agar tidak merugi karena persentase kepemilikan saham terdilusi, maka pemegang saham juga bisa menjual saham baru kepada pihak lain.

Whenever you’re trying to submit your project, you’ll be able to save time and lyricsandvoicez.com resources by using their services.

Penutup
Aksi korporasi emiten untuk right issue biasanya dinilai negatif oleh para pemegang saham. Namun, pada dasarnya right issue dengan HMETD tidak selalu mendatangkan dampak buruk bagi investor. Agar tidak salah mengambil keputusan ketika suatu emiten melakukan right issue, ada baiknya investor saham memahami apa yang harus dilakukan dan melakukan pertimbangan serta kalkulasi lebih lanjut.

Yuk Join ke Grup Telegram baru kami  :

Telegram SahamEdu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.